About

Kamis, 18 April 2013

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata adalah salah satu organ terpenting pada manusia, terlalu lama menonton tv, menatap komputer atau aktivitas lainnya yang bisa membuat mata lelah akan menyebabkan fungsi mata menjadi menurun.
1. Asupan Nutrisi harus lengkap

Fungsi mata sebagai alat penglihatan akan lebih baik jika diberi asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, protein, vitamin dan mineral setiap harinya yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Bayam, wortel dan tomat adalah beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi.

2. Kurangi kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti menonton tv terlalu dekat, berada didepan komputer terlalu lama dan menatap layar handphone dalam kondisi gelap akan mempengaruhi kerja mata, sebab mata akan kelelahan dan fungsinya kian menurun dalam jangka panjang.

3. Kurangi banyak minum air putih di Pagi hari

Minum air putih mungkin baik bagi kesehatan, tapi jika terlalu banyak minum air putih di pagi hari akan meningkatkan resiko penyakit Glaukoma pada mata. sebaiknya jika meminum air putih di pagi hari jangan sekaligus minumlah secara perlahan.

4. Hindari Eyeliner

Untuk menjaga kesehatan mata, Ada baiknya anda berhati-hati saat menggunakan produk eyeliner, eyeliner bisa yang anda gunakan bisa saja tidak higienis, maka dari itu selalu bersihkan peralatan make up anda sebelum menggunakannya. untuk penggunaan eyeliner sebaiknya hanya gunakan diluar garis mata dan bukan didalam.

5. Bersihkan mata jangan dengan air biasa

penggunaan air biasa untuk membersihkan mata dapat menyebabkan masuknya bakteri dan kuman atau kotoran pada mata, maka dari itu sebaiknya gunakan pembersih mata yang dianjurkan dokter mata.





Mengenai makan yang banyak mengandung vitamin untuk mata, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai sumber vitamin untuk mata Anda. Selain mengkonsumsi makanan ini, Anda juga harus sering-sering konsultasi kesehatan mata Anda secara rutin kepada dokter. Karena dengan mengetahui gejala penyakit mata yang Anda alami, Anda bisa mencegahnya agar tidak semakin parah.

  Dibawah ini ada beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami :

1.Wortel
Siapa yang tidak tahu Wortel? Keterlaluan! :D Saya yakin Anda sudah tahu mengenai tanaman yang satu ini, karena hampir setiap orang pernah makan tanaman ini. Selain sebagai makanan kelinci, ternyata wortel sangat baik sebagi vitamin untuk mata karena banyak mengandung betakaroten. Dimana beta karoten akan di olah tubuh menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk mata.

2.Tomat
Kalau buah yang satu ini saya yakin Anda juga sudah tidak asing karena buah ini banyak di jual di pasar maupun di warung-warung. Selain kaya akan Vitamin C, buah tomat juga kaya akan Vitamin A yang sangat cocok untuk kesehatan mata manusia. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini, apa lagi harganya cukup murah dan mudah ditemukan dimana-mana.

3.Telur
Telur tidak hanya kaya akan Vitamin B12 dan juga Vitamin D, tapi juga kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Kandungan Lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur dipercaya dapat mencegah penyakit katarak. Telur juga merupakan salah satu jenis makan yang sangat mudah ditemukan dimana-mana dan memiliki rasa yang enak.

4.CoklatHitam
Bagi Anda yang tidak menyukai wortel, Anda bisa menggantinya dengan coklat hitam karena coklat hitam dipercaya dapat melindungi mata dari kebutaan berkat adanya Flavonoid yang berfungsi melindungi pembuluh darah mata
 
5.SayurBayem
Daunnya hijau dan memiliki rasa yang enak, itulah bayem yang menjadi sumber kekuatan Popay sang pelaut dalam film kartun. Okey, kita kembali ke manfaat yang di dapat dari bayem untuk kesehatan mata. Seperti diketahui bahwa bayem juga kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Itu berkat adanya kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang sangat di butuhkan oleh mata

Selain mengkonsumsi makan yang banyak mengandung Vitamin A, memelihara kesehatan mata dan konsultasi kesehatan mata ke dokter mata merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat. Itulah sedikit tips menjaga kesehatan mata agar mata selalu sehat hingga tua sekalipun. 

Diunduh dari : http://www.infonakke.com/2013/04/tips-menjaga-kesehatan-mata.html#ixzz2QnhBqoQX


0 komentar:

Posting Komentar