About

Kamis, 18 April 2013

Konsep Sehat dan Sakit

SEHAT DAN SAKIT
Kita sebagai makhluk hidup tetntunya selalu mengharapkan agar tubuh dan jiwa kita selalu dalam keadaan sehat. Tetapi tak dapat dipungkiri bahwa selama kita hidup pasti kita juga pernah merasakan sakit atau bahkan menderita suatu penyakit. Untuk itu tentu saja kita akan berusaha agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
Sebelum membahas tentang penyakit, terlebih dulu akan membahas tentang “SEHAT DAN SAKIT”. “SEHAT” merupakan suatu keadaan dimana fisik,mental dan sosial kita dalam keadaan sempurna, maksutnya keadaan tersebut tidak sakit atau tidak cacat. Sedangkan “SAKIT” yaitu suatu keadaan dimana fisik, mental, dan sosial kita terganggu.
SEHAT dalam arti positif yaitu ketika seseorang diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan kemampuannya dalam mencapai kondisi sehat.
SEHAT  dapat dibedakan dalam beberapa aspek, antara lain:
1.    SEHAT FISIK
2.    SEHAT MENTAL
3.    SEHAT SOSIAL

SEHAT tidak dapat diartikan sebagai sesuatu yang statis menetap pada suatu kondisi tetapi harus dipandang sebagai suatu keadaan yang dinamis. Kondisi sehat bervariasi dari sehat sempurna sampai ketitik rendah yaitu keadaan kritis.
Penyakit yaitu suatu keadaan dari badan atau organ dimana fungsinya terganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan.
Penyakit dianggap sebagai gangguan penyesuaian dari organisme tubuh manusia dengan lingkungannya (lingkungan fisik, mental, sosiokultural,dll)
Mengingat lingkungan yang luas maka penyakit tidak saja sebagai penyimpangan  fisik melainkan juga penyimpangan  sosial,perilaku,kultural.
Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya suatu penyakit, yaitu:
1.    FAKTOR INTERN
Faktor yang berasal dari dalam tubuh kita sendiri.
2.    FAKTOR EKSTEREN
 Faktor yang berasal dari luar tubuh kita contohmya LINGKUNGAN. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap penyakit.  Lingkungan mempunyai definisi yaitu himpunan dari semua kondisi luar yang berpengaruh pada kehidupan dan perkembangan suatu organisme.
Untuk itu alangkah baiknya apabila kita semua selalu menjaga ingkungan kita dalam keadaan bersih dan nyaman untuk mengurangi faktor terjangkit dari suatu penyakit. Selain itu kita harus biasa menjaga pola makan kita, olahraga teratur serta meminta kepada YANG KUASA agar selalu diberi kesehatan baik fisik,mental, dan sosial.




SUMBER : http://sely-biru.blogspot.com/2010/08/konsep-sehat-sakit.html



0 komentar:

Posting Komentar